Makalah Pengumpulan Al-Qur'an

Written By Muh. Arifuddin on Tuesday, August 27, 2013 | 4:28 PM

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Alquran adalah wahyu yang diturunkan oleh Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. melalui malaikat Jibril as. Sejarah penurunannya selama kurang lebih 23 tahun secara berangsur-angsur telah memberi kesan yang sangat besar dalam kehidupan seluruh manusia. Di dalamnya terkandung berbagai ilmu, hikmah dan pengajaran yang tersurat maupun tersirat.
Sebagai umat Islam, kita haruslah berpegang kepada Alquran dengan membaca, memahami dan mengamalkan serta menyebarluaskan ajarannya. Bagi mereka yang mencintai dan mendalaminya akan mengambil iktibâr serta pengajaran, lalu menjadikannya sebagai panduan dalam meniti kehidupan dunia menuju akhirat yang kekal abadi.
Setiap Nabi menerima wahyu, maka Nabi saw. menghapalnya sebelum disampaikan kepada para sahabat, karena Nabi saw. adalah tuannya para penghapal, dan pengumpul yang paling pertama.  Hanya saja, penghapalan Alquran pada masa Nabi saw. sangat ditekankan, karena para sahabat memiliki kekuatan hapalan yang sangat luar biasa. Sementara penulisannya tidak terlalu ditekankan karena masih terbatasnya alat-alat tulis.  Di samping itu Alquran diturunkan secara munajjaman (berangsur-angsur)  dan tentunya setiap ada ayat yang turun, para sahabat tidak selamanya membawa bekal berupa alat tulis  menulis.
Pengumpulan dan penyusunan Alquran dalam bentuk seperti sekarang ini, terjadi bukan hanya dalam satu masa, akan tetapi berlangsung selama beberapa tahun atas upaya beberapa orang dan berbagai kelompok.  Mushaf Alquran yang ada di tangan kita sekarang ternyata telah melalui perjalanan panjang yang berliku-liku selama kurun waktu lebih dari 1400 tahun yang silam dan mempunyai latar belakang sejarah yang menarik untuk diketahui.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.    Bagaimana pengertian jām’ al-Qur’ān?
2.    Bagaimana proses pengumpulan Alquran pada masa Nabi?
3.    Bagaimana proses pengumpulan Alquran pada masa al-Khulafā’ al-Rāsyidūn?
4.    Bagaimana proses pemeliharaan Alquran pasca al-Khulafā’ al-Rasyidūn?
5.    Bagaimana proses penulisan Alquran (rasm al-Qur’ān)?











Download pembahasan makalah disini gan ... :)