Laporan Uji Kandungan Bahan Makanan

Written By Muh. Arifuddin on Tuesday, August 27, 2013 | 3:05 PM

I.    JUDUL  :   Uji Kandungan Bahan Makanan

II.    TUJUAN  : Mengetahui kandungan zat makanan (protein,amilum ,lemak) pada beberapa bahan    makanan

III.    LANDASAN TEORI

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia maupun hewan. Tubuh manusia manusia memperoleh tenaga dan energy dari makanan. Sehingga makanan adalah salah satu factor untuk kelangsungan hidup manusia dan dapat melangsungkan aktifitas hidupnya. Oleh karena itu makanan mempunyai senyawa-senyawa yang dapat membuat makhluk hidup dapat melangsungkan aktifitasnya. Senyawa-senyawa tersebut dapat membuat makhluk hidup menjadi sehat maupun tidak. Yang membuat makhluk hidup sehat yaitu makanan yang memiliki karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

1. Karbohidrat
Karbohidrat tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O yang dibentuk dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan berhijau daun.
Ketika makanan diuji dengan menggunakan larutan iodium maka pada saat meneteskan larutan iodium kemakanan tersebut maka dapat diketahui apakah makan tersebut mengandung karbohidrat atau tidak dengan melihat warna pada makanan yang telah ditetesi larutan iodium. Apabila warna makanan tersebut berwarna hitam, maka makanan tersebut mengandung karbohidrat.

2. Lemak
Lemak tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O yang merupakan senyawa majemuk. Lemak terdiri atas asam lemak dan gliserol. Pada satu molekul lemak terdapat satu molekul gliserol dan tiga buah molekul asam lemak.
Untuk menguji bahwa makanan tersebut mengandung lemak atau tidak itu membutuhkan alat seperti kertas minyak. Pada saat bahan makanan ditempelkan pada kertas minyak, yang mengandung lemak akan berwarna transparan (tembus pandang).








download laporan disini gan ... :)