Jangka Sorong atau MISTAR INSUT (VERNIR CALIPER)

Written By Muh. Arifuddin on Tuesday, August 27, 2013 | 3:50 PM

MISTAR INSUT (VERNIR CALIPER)
    Mistar insut kadang-kadang di sebut juga dengan nama lain, yaitu : mistar geser, jangka sorong, jangka geser. Prinsipnya sama seperti mistar ukur yaitu dengan adanya skala linier pada batangnya, sedangkan perbedaannya terletak pada cara pengukuran obyek ukur. Pada mistar insut dibuat rahang ukur tetap dan rahang ukur gerak yang berfungsi sebagai sensor untuk menjepit benda ukur sewaktu melakukan pengukuran.
    Skala utama dibagi-bagi dalam sub bagian masing-masing 1 mm dan skala vernir mempunyai 20 bagian yang sama, masing-masing 0,95 mm (19/20) sepanjang 19 mm dari panjang skala utama. Karena itu, perbedaan antara satu bagian (graduasi) dari skala utama dan skala vernir adalah sebesar 0,05 mm (1 - 0,95 mm). Vernir caliper mengukur perbedaan graduasi ini guna meneliti atau mengukur ukuran yang kurang dari 1 mm.
Skala utama (main scale) dan skala vernier digunakan untuk mengukur jarak kecil dengan cara mencari perbedaan antara dua tanda. Metode ini disebut prinsip pengukuran vernier. Sebagai contoh, skala utama untuk setiap garis berjarak 1 mm, sedangkan skala vernier jarak antara garis adalah 0,9 mm. Karena itu jarak garis pada skala utama lebih besar 0,1 mm daripada jarak garis skala vernier ialah: (1 mm – 0,9 mm = 0,1 mm)

Menangani Mistar Ingsut
•    Sebelum diukur bersihkanlah benda yang diukur dan Vernir Caliper
•    Sebelum digunakan, periksalah bahwa skala vernir bergeser dengan bebas, dan angka “0” pada kedua skala bertemu dengan tepat.
•    Sewaktu mengukur, usahakan benda yang diukur sedekat mungkin ke skala utama. Pengukuran di ujung gigi pengukur, menghasilkan pembacaan kurang akurat.
•    Tempatkan vernir caliper tegak lurus dengan benda yang diukur.
•    Untuk mencegah salah baca, bacalah langsung dari atas strip yang tepat.
•    Untuk mencegah karat, bersihkan caliper dengan kain yang dibasahi oleh oli setelah dipakai.


MIKROMETER PENGUKUR DALAM
    Micrometer pengukur dalam di gunakan untuk mengukur diameter benda kerja pada bagian dalam (diameter dalam) atau alur dari pada benda kerja. Pembacaan micrometer berbeda dengan pembacaan micrometer pengukur luar, di mana pembacaan skala laras di lakukan dari kanan ke kiri atau skala laras pada bagian yang tertutup oleh tabung. Rahang (ragum) micrometer akan terbuka apa bila tabung di putar ke arah kanan, di mana pembukaan atau pengukuran minimum dari pada ragum ditentukan dengan lebar dari pada ujung ragum micrometer yang terbuka. Pada bagian ujung ragum micrometer biasanya di gerinda, sehingga terdapat suatu radius yang kecil yang gunanya untuk menjamin terjadinya suatu titik penyentuhan di dalam lubang dan mencegah terjadinya penekanan pakasa pada waktu pengukuran di lakukan.
    Adapun jenis micrometer yang kami gunakan pada saat melakukan latihan pengukuran yakni ; jenis micrometer yang terdapat atau yang di lengkapi dengan suatu batang perpanjangan seperti pada gambar dibawah. Mikromter pengukur dalam yang biasa di pergunakan mempunyai suatu jarak pengukuran dari 1–10 inci, tetapi dangan mikrometer jenis ini dapat mengukur dengan teliti sampai 100 inci lebih.
Dalam menggunakan micrometer jenis ini, pertama di pililah satu sumbu perpanjangan yang dibutuhkan sesuai dengan di ammeter atau alur benda kerja yang akan diukur dan menyisipkan sumbu yang di pilih kedalam lubang yang terdapat pada bagian kepala micrometer. Kemudian keraskan ( putar ) mur pengunci yang terdapat pada kepala micrometer,sehingga sumbu perpanjangan tidak dapat lepas dari kepala micrometer. Selanjutnya stel sumbu perpanjangan mendekati ukuran diameter lubang yang akan di ukur dan sisipkan sumbu kedalam diameter lubang, sehingga terjadi penyentuhan ringan pada kedua sisi lubang. Seterusnya pengang sumbu secara cermat dan atur kedudukan kedua ujung sumbu pada garis senter dari pada lubang diameter serta stel atau putar tabung micrometer sampai di rasakan terjadinya suatu penyentuhan ringan pada kedua sisi diameter lubang. Terakhir angkat atau pindahkan micrometer dari dalam lubang yang di ukur dan lakukan pembacaan pada skala laras dan pada skala tabung serta tambahkan dengan panjang sumbu perpanjangan yang di pergunakan.

download lebih lengkap disini gan ... :)