arti lambang gerakan pramuka

Written By Muh. Arifuddin on Wednesday, March 27, 2013 | 1:32 PM


Arti Lambang Pramuka

Lambang gerakan pramuka yaitu, tanda atau simbol pengenal yang bermakana khiasan, memiliki nilai serta punya kaidah yang wajib dimiliki oleh setiap anggota gerakan pramuk.

Lambang gerakan pramuka diciptakan oleh seorang pembina pramuka yang bekerja pada departemen pertanian, yang bernama SOENARDJO ATMODIPURO.

     Bentuk dan makna khiasan bentuk lambang gerakan pramuka adalah SIHOUTTE atau gambar bayangan dari tunas kelapa.

     Makna khiasan lambang gerakan pramuka :

  * buah Nyiur yang tumbuh disebut CIKAL dan istilah CIKAL BAKAL yaitu menggambarkan keadaan penduduk asli yang menurunkan generasi baru.

    * makna khiasan buah Nyiur yaitu setiap anggota pramuka adalah inti untuk kelangsungan hidup bangsa indonesia.

    * buah Nyiur itu tahan lama dan terhadap kondisi apapu, maksudnya, setiap anggota pramuka memiliki tahan uji dalam keadaan apapun demi pengabdian pada tanah air dan bangsa indonesia.

    * buah Nyiur dapat tumbuh dimana-mana yang artinya setiap anggota kegiatan pramuka dapat berkembang dimana saja ia beradaptasi dengan lingkungannya.
    * pohon Nyiur tumbuh tinggi dan lurus keatas, artinya pramuka itu memiliki cita-cita yang tinggi, berhati lurus, muli8a, dan jujur serta mempunyai pendirian yang teguh.

    * akar pohon Nyiur tumbuh kuat di dalam tanah, artinya setiap anggota pramuka memiliki keyakinan kuat, berpegang pada esensi yang benar dan baik.

    * buah Nyiur memiliki multi fungsi atau banyak kegunaan, yaitu dari akar pohon Nyiur sampai ujungnya, smua memiliki fungsi, artinya setiap anggota pramuka adalah manusiaa yang bermanfaat untuk seluruh umat manusia, masyarakat, bangsa dan negara.